Tuesday, January 2, 2018

Kisah Mantan Anak Gap Year Dapat ITB, UGM, dan Beasiswa Telkom

Intro
Setelah gagal berbagai seleksi masuk PTN tahun lalu (2016), gua pun memutuskan untuk nyoba lagi tahun depannya dan bertapa selama setahun tanpa kuliah. Perkenalkan bagi kalian yang belum kenal, gua Sultan, seorang alumni yang ingin mengejar mimpinya sekali lagi. Bagi kalian yang kepo sama cerita kegagalan gua tahun lalu bisa banget dicek di link berikut Story of Us dan Memories and Hope (Spoiler: Blog yang ini isinya panjang banget jadi siap2 aja kalau mau dibaca). Sebenarnya gua buat tulisan ini bukan bermaksud menyombongkan diri (karena memang masih banyak orang yang lebih hebat daripada gua bahkan saat ketemu temen-temen yang kuliah di ITB) tapi gua sadar kalau sebenernya tulisan ini mungkin dan semoga akan memberikan motivasi bagi kalian para pejuang SBMPTN baik yang masih fresh (kelas 12) ataupun pejuang gap year!

Gap Year? Apaantuh? 


Image result for gap year
Setelah dinyatakan gagal SBMPTN dan Simak, gua pun dengan mantap memutuskan untuk mengambil gap year yang artinya 'celah' atau arti gampangnya nganggur setahun. waktu orang-orang sekitar tau gua mau gap, ada sih yang menghina dan memandang gua dengan sebelah mata tapi ada juga yang nyupport gua.. untungnya orangtua gua ngebolehin dan tetep dukung gua. Gua mengambil gap karna gua masih ingin SBMPTN lagi dan greget sama ITB. Bagi orang di luar negeri gap year brati mereka traveling keliling dunia untuk lebih mengenal diri mereka sendiri.. tapi ini gap versi gua haha, cekidot!



My First Step
Lo pada mungkin udah duga.. fasa pertama saat gua memutuskan gap adalah gua ngalamin nyesek se nyesek-nyeseknya karena gua tau gua bakal telat setahun dari temen-temen gua yang udah kuliah saat itu. Gua cukup ngerasain euforia mereka yang dapat PTN, daftar ulang, dan semacamnya, memang sih, kalimat "bangkit setelah jatuh" gak segampang seperti yang disebut. Gua pun merasakan hal itu. Saat berhasil bangkit lalu jatuh lagi and repeat. Hingga akhirnya gua membuat planning apa yang akan gua lakukan selama setahun ini. Sebulan pertama gua cuma diam di kamar dan do nothing. bulan kedua pun akhirnya gua coba ikut-ikut seminar gitu buat nambah ilmu dan biar gak gabut-gabut amat. Ohiya, gua juga sempat mengabadikan beberapa hasil seminar ke dalam blog ini.

Kampung Inggris
Saat-saat selanjutnya gua pun tertarik untuk ke Kampung Inggris dan bertapa di sana alias pelarian dari kegagalan SBMPTN gua. Awalnya sih gak dibolehin sama nyokap tapi akhirnya diizinin juga. Gua ke Kampung Inggris saat periode 20 Agustus s.d. Oktober 2017. Sebulan gua bertapa di sana, dan benar, gua ngalamin 'traveling sendiri' pertama gua tanpa orang tua. disela-sela liburan Kampung Inggris, gua pergi ke Bromo, Surabaya, dan pantai Pacitan. Lumayan lah bagi seorang amatiran. sebulan di sana juga meningkatkan rasa percaya diri gua dalam speaking and pronoun in english leanguage karena gua emang cuma niatan have fun jadi gak belajar grammar apalagi fokus ielts atau toefl. Gak kerasa setelah sebulan gua pun tergoda untuk melanjutkan periode di Kampung Inggris tapi gua masih ingat sama mimpi gua yaitu SBMPTN lagi haha. Hingga akhirnya gua pun balik ke rumah dan mengalami kegabutan lagi sampai akhir november. Untuk lebih detailnya udah ada di blog ini juga.


Preparing for the War
And again, gua masih berharap lagi untuk lolos SBMPTN bersama zenius. Sebenernya gua udah tau zenius dari kelas sepuluh SMA tapi baru bener-bener make saat kelas dua belas. dan gua pun ngerasain efek dahsyat karna zenius gua jadi ngerti materi secara konsep bahkan jadi ketagihan akan  ilmu itu sendiri. sekitar pertengahan bulan desember gua membeli lagi voucher zenius dengan masa aktif 9 bulan. Gua mulai lagi dari awal. gua nonton zenius learningnya (yang entah kenapa gapernah bosen) lalu lanjut ke basic skills. saat itu gua rada menyesal karena saat SMA gua gak memanfaatkan zenius secara maksimal jadi kali ini gua akan make zenius dengan lebih optimal. gua tonton semua video materi sbmptnnya tanpa diskip sedikit pun. walaupun akhirnya gua gak nonton bagian bahasa dan biologi.

Image result for meme zenius


Selama bulan desember gua belajar sendiri secara otodidak. waktu itu sih gua cuman nonton basic learning dan basic skills dari zenius. Setelah empat sampai lima bulan gua gak belajar sama sekali akhirnya gua mulai zeniusan lagi walaupun baru zen learning.

Gap Year's Families
selama gap year gua juga lebih membuka diri dengan peluang-peluang yang ada dan selama itu pun gua jadi kenal lebih banyak orang bahkan sesama pejuang gap year seperti gua. saat-saat gap year sebenernya untuk bersosial rada random sih karna kita kenal sama-sama pejuang gap year lalu jadi deket aja gitu. Saat itu gua menemukan teman-teman seperjuangan dengan grup bernama Veteran (which is by definition para veteran SBMPTN yang pernah gagal dan bangkit sekali lagi untuk kembali meraih mimpinya). Saking deketnya mungkin gua udah nganggep mereka sebagai keluarga gap year gua hehe. kita main bareng dan paling sering sih ambis tryout bareng-bareng HAHA. hampir semua tryout yang ada di domisili jakarta, depok, bekasi, dan tangerang kita jabanin. karena memang punya lingkungan dengan background dan tujuan yang sama akan membantu kita untuk mencapai tujuan :)

 Ronin NF Akses UI
 sembari nge-zen, gua juga nyari-nyari tempat bimbel biar lebih maksimal. setelah berbagai kelabilan dan pertimbangan akhirnya gua memutuskan untuk bertapa lagi selama satu semester di Nurul Fikri program Ronin(alumni) cabang Akses UI. Alesannya sih karena NF terkenal sulit soalnya dan di sana program alumninya terkenal bagus. Nah, dari sini persiapan gua secara serius untuk menghadapi SBMPTN dimulai. Gua nge-ronin sekitar lima bulan dan selama itu juga gua ngekos di deket tempat bimbel biar lebih fokus aja. Saat pertama kali daftar sebenernya gua grogi gitu karna udah gak belajar SBMPTN semester kemaren dan di ronin ini isinya anak alumni semua yang udah mempersiapkan SBMPTN lebih awal dari pada gua. Dari situlah gua memutuskan untuk 'mengejar ketertinggalan' gua dengan cara membuat revolusi 2017, strategy plan, dan nge-track terus gimana progress gua terhadap kesiapan menghadapi SBMPTN.

Sebenarnya gua nge-ronin buat tryout sama konsultasi ke guru nya karena menurut gua untuk belajar materi paling cocok sama zenius (saya tidak promosi ataupun endorse, murni ingin berbagi rekomendasi aja HAHA) paling juga kalau ada materi yang bingung baru ditanyain lagi ke guru NF nya. Perlahan gua mulai kenalan dengan anak-anak yang nge-ronin di sana dengan latar belakang dan tujuan (kuliah) yang berbeda-beda. Dan enaknya nge-ronin di Akses UI tuh lingkungannya sangat mendukung gitu karena banyak yang ngekost di sekitar tempat bimbel jadi bisa belajar bareng lebih intens. Dari sana gua dapet banyak teman sebagai teman ambis, main, futsal, kuliner,  jalan-jalan, ataupun masak bareng di kosan HAHA. yaa pokonya nge-ronin bukan cuma tentang belajar dan SBMPTN. kita ngejalanin semua ini bareng-bareng.

Hingga akhirnya tryout pertama pun diadakan. Sebenernya ini bukan tryout pertama gua karena sebelumnya gua udah pernah ikut tryout di luar bimbel. ya biasalah gua deg-deg an. H-1 rasanya kayak mau SBMPTN aja. Akhirnya gua ga belajar dan cuma nenangin diri, fokus, dan istirahat aja. Saat ngerjain tryout pun masih jauh banget dari target.  Tapi gua nyadar dan memang bakal ngeekspektasi gitu karena memang cara belajar gua yang rada unik. Jadi gua tuh belajarnya per pelajaran gitu makanya saat pertama kali tryout gua baru hatam TKPA dan mipa doang (fisika, kimia, dan biologi belum kesentuh zeniusnya). Hari demi hari gua tetap sesuai plan dan perlahan fisika dan kimia gua hatamin tapi akhirnya biologi skip  parah karena faktor waktu yang tinggal dikit banget dan memang gak niat buat belajar biologi. toh gua bakal jadi anak teknik jadi biologi gabakal kepake saat kuliah nanti. Dan juga soalnya saat itu gua harus milih mau belajar fisika atau biologi dengan keterbatasan waktu yang ada.

Beasiswa Telkom
Sebagai alumni gua pasti ngerasain namanya takut akan kegagalan lagi. Hampir setiap malam gua selalu merenung akan keputusan dan proses yang gua jalanin ini. Gua kembali mempertanyakan apakah gap year ini worth it bagi gua? well saat itu gua cuma bisa pasrah dan berusaha yang terbaik. Saat itu gua mendapat informasi mengenai ujian tulis seleksi beasiswa full kuliah di Telkom University yang namanya jalur JPU. mendengar kata beasiswa trs full pun gua langsung ke-triggered. 'kan lumanyan buat jaga-jaga kalau naudzubillah gadapet lagi jadi ga bakal ngerepotin orang tua', batin gua.  Gua pun daftar tes itu dan jujur awalnya ribet banget dan gua hampir gajadi daftar. Saat itu gua didukung dan diyakinin sama temen buat daftar. Satu kalimat yang gua masih ingat sampai sekarang, "kalau lo gak coba lo gabakal tau bakal dapet apa gak". Hingga akhirnya gua daftar tuh di hari terakhir (anjir kebiasaan deadliner gua udah dari dulu banget ya wkwk). Biaya pendaftarannya Rp500.000,00 dan bisa milih 6 jurusan gitu. Waktu itu gua pilih urutan pertama teknik industri terus sisanya lupa soalnya waktu itu yang minat cuma teknik industri dan pilihan selanjutnya diisi biar nambah peluang aja hehe (kali aja keterima di pilihan kedua sampai keenam)

Saat itu gua tes JPU di SMANSA Depok. Untuk soalnya kalau gak salah ada pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan TPA gitu. Sebenernya gak sesusah SBMPTN cuma tipe soalnya unik aja terutama matematikanya. Gua inget banyak soal pertidaksamaan gitu tapi pilihan jawabannya bukan pakai tanda kurang dari atau lebih dari versi sma melainkan versi kuliah gitu (yang untungnya gua udah tau karena pernah belajar kalkulus di youtube itb hehe). Sebenarnya sih simpel cuma kan kalau gatau jadi bingung buat milih. Terus juga untuk ngerjain soalnya ada beberapa yang mesti make trik dan logika gitu gak sekadar paham konsep. Nahh setelah tes JPU pun gua mencoba untuk melupakannya karena gamau terlalu berharap dan bergantung jadi takutnya malah santai dan gak fokus ke SBMPTN. Selang beberapa waktu akhirnya pengumuman JPU pun tiba! yaa walaupun bukan pengumuman SBMPTN tetep aja gua rada-rada takut buat lihat hasilnya. gua mikir aja klo JPU gak lolos gimana mau milih ITB di pilihan SBMPTN. Waktu itu gua buka di kosan gua dan Alhamdulillah ternyata gua dapet di teknik industri

Akhirnya kabar baik pertama tahun ini. Gua mulai merasa kalau this year will be my year seperti apa yang gua yakinkan pada diri sendiri saat gagal tahun lalu. Gua ngasitau temen ronin dan keluarga. Alhamdulillah nyokap bilang bangga dan itu bener-bener buat gua merinding sih jadi makin semangat untuk lolos SBMPTN. Setelah itu gua harus ngurus berkas-berkas dan bayar uang asrama gitu kalau gak salah sebesar dua juta an untuk nge booking(?) soalnya klo gak bayar beasiswanya gagal gitu. jadi gua urus berkas-berkasnya dan FYI menurut gua itu lumayan ribet (hmm kayaknya memang semua daftar ulang ribet ya). setelah itu pun gua kembali melupakan beasiswa ini dan terus nge-ronin.


Pemilihan Keberuntungan Akan Masa Depan
milih pilihan SNMPTN? skip haha gua alumni jadi gabisa daftar. Gua nunggu pendaftaran SBMPTN dibuka dan saat itu pun gua berkali-kali konsultasi ke guru BIP untuk membantu gua netapin pilihan gua. Menurut gua ini bukanlah hal yang sepele, sama sekali bukan. Mulai dari kelabilan gua yang sangat-sangat labil dan tidak yakin. Dulu saat kelas 12 gua pingin banget FTI terus masuk jurusan teknik kimia. Sekarang pas alumni gua sempet mencoba melupakan FTI karena ngerasa ketinggian gitu hingga akhirnya gua coba mencari fakultas yang gua rasa passion gua. Akhirnya gua kembali ke FTTM karena gua minat ke metalurginya gitu somehow. Tapi dalam hati gua masih pingin banget FTI dan berubah ke teknik industri. selama tryout berlangsung gua sempat milih FTI, FTTM, FMIPA, Teknik industri UI, Teknik metalurgi UI, dan Matematika UI, dan Teknik material & metalurgi ITS.

berikut tabel hasil tryout yang gua buat untuk nge-track progress gua



Hasil-hasil tryout diatas dijadikan acuan guru BIP untuk membantu gua memilih pilihan SBMPTN. Jadi ceritanya di tryout terakhir gua bener-bener pingin kuliah di ITB terus gua mengajukan untuk memilih FTI, FTTM, dan FMIPA. Gua sendiri sadar pilihan itu bener-bener cari mati parah kuadrat. Makanya gua berkali-kali bolak balik ke guru BIP buat konsul pilihan dan sebenernya kesehatan rohani juga sih untuk antisipasi kalau misal gua gagal lagi. Semua guru pun sebenarnya menyetujui akan pilihan gua untuk memilih ITB di semua pilihan cuma gua nya aja yang takut jadinya 1 jam sebelum finalisasi randomly tiba-tiba gua kepikiran material ITS dan kelasnya I2 yang berarti akan jauh lebih aman dibanding FMIPA. Gua pikir ini keputusan terbaik karena untuk back up plan. Bahkan sebenarnya sebelum memfinalisasi pilihan, gua masih berpikiran untuk tidak memilih FTI sebagai pilihan gua karena terlalu tinggi. Tapi gua kepikiran lagi kalau gak coba gabakalan tau gimana hasilnya dan bisa nyesel seumur hidup. Akhirnya gua memilih:



Untuk UTUL UGM, gua pun melakukan konsultasi ke guru BIP. Untuk jurusan pendidikan dokter ga mungkin haha karena gua memang gaminat banget jadi doker. Akhirnaya setelah yakin gua memilih



NOW THIS IS THE TIME

TES SBMPTN: 16 MEI 2017
Akhirnya perang yang dinanti-nanti tiba! gilak gak kerasa banget tiba-tiba udah waktunya aja. Gua cukup merasa takut gagal untuk yang kedua kalinya. Saat itu gua tes di SMANSA Depok lagi bersama dua teman ronin gua yang berangkat bareng dari kosan. Gua ingat, saat itu masih jam empat pagi namun gua udah siap-siap. Sebelumnya gua sempat meminta maaf dan doa kepada orang sekitar. setelah shalat subuh gua berangkat menggunakan go***. Pagi itu sangat cerah dan gua masih ingat pemandangan yang menenangkan hati. Sebelum ujian dimulai kami ke rooftop smansa gt buat menenagkan dan menghibur diri. Bahkan saking groginya gua sampai ke toilet 2x sebelum ujian dimulai haha


Ujian pun dimulai. Saat itu gua duduk di barisan paling belakang yang selama ujian gua inget banget ada pengawas di belakang gua buat ngawas (iyalah wkwk) dan itu makin buat grogi. Karena gua memilih kelompok saintek maka tes yang gua kerjakan terlebih dahulu adalah Saintek. Seperti tahun lalu, saat pertama kali gua membuka soalnya.. waw.. pikiran gua ngambang selama sekitar 5 menit karena ngeliat soalnya yang sangat super. Akhirnya pelajaran yang pertama gua babat adalah kimia lalu fisika, biologi, matematika ipa and repeat. Awalnya gua mengerjakan yang gampang-gampang dulu baru nanti kalau ada waktu gua coba kerjain yang lebih susah. Setelah saintek, gua mengerjakan soal TKPA. sejujurnya untuk TKPA relatif lebih gampang dan gua gak shock kayak tahun lalu saat menghadapi soal TPA yang berubah drastis. Waktu itu gua ngerjain dengan urutan Bahasa indonesia, bahasa inggris, TPA, matematika dasar and repeat. Akhirnya setelah ujain selesai gua cuma bisa tenang dan berserah diri kepada yang di atas.

TES UTUL UGM: 21 MEI 2017
Sebenarnya gua mengikti tes UTUL UGM untuk menambah peluang gua agar bisa kuliah di PTN. Gua lebih memilih utul daripada simak karena simak paralel dan gua gamau ngebebanin orang tua karena uang pangkalnya yang luar biasa hehe.  Dan gregetnya setelah diizinin untuk mengikuti utul tiba-tiba H-2 utul nyokap gua nelpoin gua dan gak ngizinin gua buat kuliah di  Jogja (UGM) karena kejauhan. and i was like, WHAT? udah daftar dan bayar Rp500.000,00 buat tes utul terus bakal ditinggalin begitu aja?? gua mikir sayang aja kan jadi yaudah gua tetap ikut tesnya karena sayang duit dan peluang (in case gua cuma dapet UGM gua bisa diskusi lagi dengan orangtua buat diizinin kuliah di Jogja). Tapi gua udah ga niat banget dan gak ada persiapan lagi buat utul. Saat itu gua tes di Universitas Pancasila Depok. Gua datang dan mengerjakan soalnya sebisa gua dan habis itu balik kosan.

ONE OF THE BEST DAY OF MY LIFE: 

Setelah  SBMPTN dan Utul UGM gua balik ke rumah dan istirahat. its finally done! Hingga akhirnya sebulan kemudian hari pengumuman SBMPTN tiba. Seharian gua gak ngapa-ngapain sampai keringat dingin. saat benar-benar udah bisa dibuka gua makin gemeteran. Saat itu gua ngecek grup line veteran gitu udah pada rame ngomongin pengumuman SBMPTN. Ada yang lolos dan ada juga yang diberi jalan terbaik lainnya. Gua udah susah untuk ngetik gitu entah kenapa. DAN TIBA-TIBA temen gua bernama Andree Reynaldi Hasibuan :)))) ngasihtau kalau gua dapet FTI ITB. ANJIR dengan seenaknya dia ngasitau kalau gua keterima (gua kan jadi gadapet feel nya haha tapi gpp). Awalnya gua gak yakin dan dia memberikan screenshot file list anak-anak yang lolos SBMPTN dan di sana ada nama gua. Gua masih gak yakin dan memberanikan diri untuk membuka langsung ke website resmi SBMPTNnya. dan Alhamdulliah!!!

 

Saat tahun lalu gua gak lolos SBMPTN gua pikir gua akan nangis tapi nyatanya gua gak bisa nangis sama sekali dan hanya bisa nyesek + pasrah. Tapi kali ini, setelah gua lolos.... gua udah gatau lagi kenapa, gua bener-bener nangis bersyukur. Gua langsung ngasitau nyokap kalau gua keterima di ITB

Akhirnya perjuangan gua selama ini terbayarkan. Pengorbanan gua untuk mengulang sekali lagi demi mimpi yang setia. Setelah sempat beberapa kali diremehkan dan dipandang sebelah mata oleh orang sekitar bahkan teman sendiri. Akhirnya perjuangan ini gak sia-sia. Biarkan hari ini menjadi saksi bisu bahwa tiada hasil yang menghianati usaha. Percaya kalau Allah memang merencanakan yang terbaik untuk hamba-hambanya. 

Setelah keterima di FTI ITB gua udah gak berharap lagi pada hasil Utul UGM karena apapun hasilnya gua akan tetap memilih ITB sebagai pijakan gua untuk menuntut ilmu. Namun dua hari setelah pengumuman SBMPTN tibalah pengumuman Utul UGM. Gua tetap penasaran dan gua buka


 

Sejujurnya gua gak nyangka bakal lolos Utul UGM juga bahkan di pilihan pertama karena saat mengerjakan soal-soalnya gua setengah niat gitu.. Tapi sekali lagi gua bersyukur akan hadiah-hadiah yang sempat tertunda gua dapatkan tahun lalu. 

Untuk Kalian Para Ksatria Mimpi
Untuk kalian para ksatria mimpi. Kalian yang kelas 12 ataupun alumni. kalian yang telah memutuskan untuk gap year demi mimpi kalian. Aku harap tahun ini akan menjadi tahun kalian. tahun dimana kalian diberi kesempatan untuk menuntut ilmu. bukan karna gengsi ataupun karena teman-temanmu memilih itu. Bukan. Tapi karena keinginanmu sendiri yang sudah mendarah daging. Mungkin bagi sekelompok orang untuk melanjutkan pendidikan di PTN ternama bukanlah hal yang sulit. Mereka yang memiliki sertifikat olimpiade tingkat nasional bahkan internasional. Mereka yang mengisi ranking paralel SMA-SMA ternama. Mereka bisa saja melanjutkan mimpinya dengan mudah. 

Tapi jika kamu merasa seperti aku. Sosok anak sma biasa dari sma yang tidak terkenal bagus bahkan bukan peraih medali-medali bergengsi,  Aku harap kamu yakin akan pilihanmu, tetap semangat untuk meraih mimpimu, dan terus berjuang agar mimpimu itu tercapai satu per satu. Aku tau hal ini bukanlah hal mudah dan butuh dedikasi tinggi. Aku pun pernah merasakannya. Namun siapa yang tau akan takdir hebatmu jika kamu tidak berani mencoba? 

Dan khusus untuk kamu para pejuang gap year yang telah memberanikan diri untuk mengambil risiko. Memberanikan diri untuk diremehkan dan dipandang sebelah mata oleh mereka. Aku apresiasi sebesar-besarnya. Aku yakin dengan keputusanmu ini menandakan kamu itu orang yang hebat. Tetap fokus dengan tujuan utamamu dan jangan hanya belajar. Karena gap year bukan hanya tentang mengulang SBMPTN dan keterima di PTN impian melainkan menemukan jati diri dan  mendapat pengalaman-pengalaman luar biasa. Make your own stories and hopefully this year will be yours :)

P.S: Gua usahakan untuk membuat tulisan khusus mengenai kesalahan, strategi, rekomen, dan segala  hal untuk membantu kalian mempersiapkan SBMPTN di waktu mendatang
P.S 2: Kalau kalian mau nanya boleh banget dan jangan sungkan. id line: sultanmiraj
P.S 3: Playstation 3- Tio, FITB 2017 HAHA jangan lupa bahagia!






35 comments:

  1. Mantap kak🙌👍👍
    Semoga bisa seperti ka sultan di tahun ini
    Aku fadil dari bos susbm

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Lu keren banget. Alhamdulillah lu udah motivasi gue. Semoga lu sukses.. aamiin

    ReplyDelete
  4. Gw juga Veteran. Banyak jln menuju roma.

    ReplyDelete
  5. Keren banget kak ,jadi termotivasi gitu buat gap year

    ReplyDelete
  6. Baca ini jadi termotivasi buat gap year,terima kasih kak

    ReplyDelete
  7. baca ini gila termotivasi banget sumpah
    makasih banyak kak ;) gua juga sekarang nga lolos ptn berkali kali di 2018 dan udah masuk swasta di jakarta tapi and than setelah baca ini gua yakin biat gap dan berjuang lagi . thank you kak

    ReplyDelete
  8. ka gimana cara masuk grup veteran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal sesama gap year pejuang sbm 2k19😊😊

      Delete
    2. Hai salam kenal juga pejuang sbmptn 2019

      Delete
    3. hai salam kenal aku juga pejuang sbm 2019 hehe

      Delete
  9. wah gila termotivasi sekali bagi gw

    ReplyDelete
  10. Mau tanya, waktu lulus di jpu telkom itu dapat pilihan ke-berapa?

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mantab kak Sultan! Tetap menginspirasi yak!

    ReplyDelete
  13. Mantap ka sultan.. Saya terinspirasi kak, terima kasih :)

    ReplyDelete
  14. Kkk waktu itu pendaftaran jpu telkomnya tagal brp kira" kak

    ReplyDelete
  15. Si sultan nih bobotoh sejati..

    ReplyDelete
  16. Jawab berapa soal sainteknya? Dan tkpa nya?

    ReplyDelete
  17. Makasih ka manteb bgt dah, feel nya pas disaat gue lagi down bgt antara lanjutin mimpi gue dan gapyear lg di thn ini. Sukses terus kak!!!

    ReplyDelete
  18. kak pilihan saya sama2 teknik industri nih untuk utul, kakak jawab berapa soal saintek dari 75 soal? dan yakin bener berapa? makasih kak

    ReplyDelete
  19. Wahh.. jadi termotivasi, saya awal ngga keterima UGM sempet nangis diem diem di rumah kosong sebelah, meratapi temen temen yang banyak keterima di KU UGM, dan univ bergengsi lainnya,.. pengen banget gap year tapi ngga diizinin sama ortu, akhirnya harus ke swasta, tapi saya tetap positif dan yakin kalau rezeki dari tuhan ngga akan pernah salah..

    ReplyDelete
  20. Makasih kak, sangat memotivasi. Saya angkatan 2019, ditolak 4 ptn 1 kedinasan. Harapannya, semoga tahun depan saya diterima di ptn dan jurusan yang diinginkan

    ReplyDelete
  21. Makasih kak, sangat memotivasi. Saya angkatan 2019, ditolak 4 ptn 1 kedinasan. Harapannya, semoga tahun depan saya diterima di ptn dan jurusan yang diinginkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada contact bro mungkin bisa berjuang bareng..

      Delete
  22. kak minta sarannya dong, aku udah ketrima di jurusan yg aku mau tpi univnya bukan yg bener2" aku mau",kemaren selesai ospek masih ngerasa kaya kurang "sreg" aja sama univ ini :") mau gapyear sambil kuliah buat ugm tahun dpn (krn memang pengen ugm 😭)tpi org tua tahun depan nyuruhnya ikut ikatan dinas aja gimana dong ka 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih sama nasib kita, udh keterima juga tapi univ sama prodinya yg gk ak mau

      Delete
    2. Sama nih ada kontaknya gk sapa tau sharing bareng?

      Delete
  23. gw baca tulisannya jam 3 malem, njir terasa bgt.. btw gw lulusan 2019 keterima di univ ptn lewat utbk, skor gw lumyanlah, pil 1 gatembus tapi pil 2 gw buat down banget (terlalu aman buat nilai gw) ya alhasil gw sedikit kecewa dengan univ gw, memang jurusannya yg gw idam idamkan teknik infor, tapi univnya parahh,pkkmb (ospek) katrok bgt, ptn tapi lab gada ruang kelas kotor, dosen jarang masuk dll. parah parah lah, cita2 gw dari sma pingin masuk itb stei ttknik informatika, dan gw lagi di masa mau tetap kulliah sambil gap atau gap langsung, ya barangkali kita bisa kontekan sharing crita hidup :( boleh wa : 082360791172 kita bikin grup kalo bisa.

    ReplyDelete